Sabtu, 17 Maret 2012

Quality dan Quantity Time

Mengisi hari-hari bersama anak-anakku adalah hal yang paling membahagiakan. Seringkali kita beranggapan bahwa kualitas lebih penting daripada kuantitas, namun sebenarnya dalam rumah tangga terutama dalam membagi waktu bersama anak-anak kedua hal tersebut menjadi sesuatu hal yang harus seimbang. Ditengah kesibukan pekerjaanku pada pagi hari selalu kami sempatkan untuk berbincang-bincang pada saat sarapan pagi dan pada malam hari walaupun ketika anak-anak sudah tertidur selalu ku sempatkan untuk masuk ke kamar mereka dan mencium keningnya. Kebanyakan keluarga muda saat ini lupa akan artinya sarapan bersama dan makan bersama keluarga dirumah.

Itulah hal yang selalu kami berusaha untuk melakukan kegiatan seperti itu. Sarapan pagi bersama di meja makan adalah suatu hal yang wajib. Walaupun makan siang dan makan malam belum tentu setiap saat kami lakukan.

Untuk kegiatan belajar walaupun mereka tidak sempat ditemani tapi sudah menjadi kebiasaan bahwa setiap hari buku agenda kegiatan sekolah dan pekerjaan rumah yang mereka kerjakan harus diletakkan di atas meja diruang keluarga, sehingga kami sempatkan untuk menandatangani buku agenda dan memeriksa pekerjaan rumah mereka.

Pada masa inilah karena mereka masih kecil dan pra remaja sehingga mereka masih bisa diajak untuk membiasakan hal tersebut sehingga mudah-mudahan ketika menjadi dewasa mereka akan selalu merindukan hal-hal tersebut.

Satu hal yang selalu aku terapkan kepada anak-anakku adalah membuat mereka merasa dekat dengan orang tuanya dengan menjalin kemesraan dan persahabatan dengan orang tuanya sehingga mereka tidak sungkan untuk terbuka dan mencurahkan isi hatinya dengan tetap menomor satukan hormat kepada orang tuanya.

Ada waktunya sebagai orang tua kami menyempatkan diri untuk menemani mereka berlatih musik, berenang, berlibut bahkan kadang menemati mereka untuk nonton bioskop bersama teman-temannya. Sepertinya hal ini sepele dan sederhana tapi buat mereka hal ini adalah hal yang sangat penting buat mereka dan dapat membangun percaya diri dalam belajar, bersaudara, berteman bahkan bermasyarakat.Tidak lupa pula kami mengajarkan mereka untuk rajin berkunjung ke rumah keluarga.

Betapa pentingnya kualitas dan kuantitas waktu untuk pertumbuhan anak-anak dan sebagai seorang ibu walaupun dengan segudang kegiatan dan bekerja di luar rumah memiliki kualitas dan kuantitas waktu bersama anak-anak adalah hal yang terpenting dan investasi terbaik bagi masa depan anak-anak.

Mazmur 90:12
Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar