Sabtu, 11 Agustus 2012

Mengelola Stress

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang diberikan akal pikiran yang mungkin bisa memprediksi segala hal yang akan terjadi dalam hidupnya. Namun demikian, manusia tidak dapat menjangkau semua aspek kehidupan yang telah Tuhan selenggarakan dalam hidupnya, sehingga wajar saja ketika masalah datang, stress dan khawatir akan muncul dan semakin memperkeruh keadaan ketika kita tidak tahu apa yang harus dilakukan.


Tanpa kita sadari kita melupakan suatu hal bahwa sebagian besar waktu kita terbuang untuk sesuatu hal yang tidak perlu kita khawatirkan sehingga menambah beban hidup kita. Tuhan tidak menghendaki kita terpuruk dan menyerah dalam ketidakberdayaan.

Serahkanlah segala khawatirmu dan masalahmu kepada Tuhan, maka Ia akan memberikan kelegaan. Ia akan memberikan kekuatan dan jalan keluar dari permasalahan hidup kita agar kita dapat menanggungnya.

Stress dapat menurunkan produktifitas dan sangat merugikan dan biasanya sumbernya bisa dari dalam diri sendiri maupun dari luar. Hal ini sangat mempengaruhi cara berpikir seseorang. Sebagai contoh biasanya perempuan yang memiliki profesi sebagai ibu rumah tangga, istri, pendidik anak dan mungkin juga yang bekerja diluar rumah akan mengalami stress dikala sulit mengatur anak, kecewa dengan suami, masalah keuangan, bermasalah dengan keluarga dekat dan bisa jadi karena perubahan hormon wanita karena menstruasi, hamil dan menopose, sehingga menimbulkan depresi dan kecemasan.

Sebagai perempuan kita harus dapat menanggulanginya mengingat perempuan adalah seorang Ibu yang harus mendidik dan mengasuh anaknya. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan yaitu dengan menumbuhkan optimistik dalam diri seseorang sehingga menimbulkan pikiran positif yaitu:
  1. Think Pink (Melihat warna pink. Warna pink akan membuat anda merasa lbh bersemangat dan optimis. Beberapa artikel menyebutkan bahwa warna pink memberikan ketenangan, cinta dan bersyukur).
  2. Catat hal2x kecil dan menyenangkan. Hal ini bisa juga anda lakukan dgn membuat blog sederhana dimana ketika anda menuliskan hal-hal menyenangkan tersebut anda akan fokus pd sesuatu yg positif. Pikiran negatif hanya akan mempersulit keadaan, namun pikiran positif akan membuka hati untuk saling menerima, berbagi dan mengasihi satu sama lain.
  3. Berbicara dgn penuh semangat dan selalu mengatakan sesuatu yg hebat dan luar biasa sehingga sekeliling anda jg akan merasakan semangat anda 
  4. Berbuat baik. Dgn anda dpt berbuat baik setiap harinya akan membentuk kebiasaan yg baik dan positif. Mulailah dr hal2x kecil dan mulailah sekarang juga
  5. Makan malam bersama keluarga dirumah dan lakukan kegiatan yg dapat dilakukan bersama keluarga seperti membersihkan rumah, menanam bunga bahkan bisa juga sharing diantara anggota keluarga sehingga ada keterbukaan satu sama lain 
Semoga hal ini dapat bermanfaat karena segala sesuatu pasti ada jalan keluar. Kuatkan Iman dan Pengharapan anda. Tuhan senantiasa memberikan pertolongan dan membukakan jalan yang mungkin tidak pernah kita duga sebelumnya. 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar