Minggu, 12 Agustus 2012

Menjadi kreatif dan kalahkan rasa takut

Setiap orang pasti pernah dihinggapi rasa takut dan itu adalah bagian dari sifat alami manusia. Rasa cemas dan rasa takut yang berlebihan tentunya akan mengurangi kualitas hidup kita dan membunuh potensi yang ada dalam diri kita.

Dalam buku 'Normal is Boring' karangan Ira Lathief, kreatif adalah genius. Kegeniusan seseorang bukan hanya dilihat dari banyak pengetahuannya atau pemahamannya terhadap sesuatu. Kegeniusan seseorang itu bisa dilihat dari seberapa besar GAIRAH yang ia punya dalam melakukan hal yang ia cintai.

Kalimat ini sangat menarik bagi saya dan sangat memotivasi mengingat pekerjaan yang saya lakukan jika tidak dilakukan dengan kecintaan maka akan membosankan dan tidak berlangsung lama. Gebrakan pertama yang saya lakukan adalah ketika membentuk sebuah komunitas perempuan tanggap teknologi yang saat ini sudah menjadi organisasi berbadan hukum.

Pada awalnya sangat berat, mengingat saya bukan seorang yang jago tentang Teknologi namun seiring waktu dengan saya menjalankan organisasi ini banyak pembelajaran dan manfaat yang luar biasa. Jika dipikir-pikir secara ekonomi suami mampu memenuhi kebutuhan saya namun saya tidak ingin menjadi perempuan biasa-biasa saja. 

BE THE FIRST - BE BETTER - BE DIFFERENT. Saya sangat setuju!
Terbukti dengan berdirinya organisasi yang kami bentuk ini saya sudah berkeliling dihampir seluruh kota di Indonesia untuk melakukan penyuluhan TIK dan otomatis saya semakin memperbanyak pengetahuan dan ilmu mengenai Teknologi yang berkembang saat ini.

Mengutip juga dari buku 'Normal is Boring' yaitu Thingking outside the Box dengan menerapkan konsep sebagai berikut:
  1. Think the Opposite - Berpikir terbalik
  2. Think Globally - Berpikir luas
  3. Change the perspectives  - Mengubah persepsi akan sesuatu
Telah mengubah pemikiran yang sempit sehingga membunuh kreatifitas.

Konsistensi yang saya lakukan dengan bergelut di organisasi ini membuktikan bahwa kreatifitas akan timbul dengan melakukan sbb:
  1. Melakukan kegiatan yang berbeda setiap harinya
  2. Melakukan kegiatan yang berbeda dengan orang lain
  3. Menerima tantangan baru
Yup...tantangan kedepan saya adalah bagaimana mewujudkan impian saya membangun sebuah women center yang dapat memenuhi semua kebutuhan perempuan dalam memanfaatkan teknologi dalam membangun kreatifitas dan meningkatkan produktifitas pribadi dan keluarga. Hal ini akan menjadi berbeda karena pelaku dan pengguna women center adalah perempuan dan anak dimulai dari masyarakat yang tidak mampu sampai dengan perempuan eksekutif.

Wow...saya sendiri masih tidak yakin dengan ide gila ini, apakah masih cukup waktuku untuk melakukan ini? 

Ya...aku percaya bahwa DOA menjadi kekuatan saya dan BERANI melakukan sesuatu yang baik, akan didengar Tuhan. Datangnya ide, inspirasi, dan mimpi adalah cara Tuhan menjawab doa kita.

Berani  bukan berarti tidak pernah takut. Berani berarti menghadapi dan mengalahkan rasa takut itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar